Halaman

Kamis, 24 Februari 2011

Tips Atasi Iritasi Tangan Akibat Mencuci

Mencuci adalah salah satu kegiatan wajib bagi ibu rumah tangga. Bagi para pemula yang mungkin belum pernah nyuci pake tangan sama sekali mungkin masalah iritasi kulit pad tangan sering dijumpai. Sedikit tips sederhana dari saya adalah sebagai berikut:


  1. Rendam cucian kotor dengan air dingin kurang lebih 30 menit (boleh lebih). Jangan lupa pisahkan cucian berwarna dengan cucian putih. Untuk baju baru ato batik jangan terlalu lama direndem, karena dapat merusak kualitas kain itu sendiri.
  2. Setelah direndam, rendam lagi kurang lebih selama 30 menit menggunakan larutan detergen. Untuk noda membandel jangan memakai air hangat untuk merendam, karena bisa-bisa noda semakin menempel dan akan semakin susah dihilangkan. Bisa juga direndam lebih dari 30 menit tergantung jenis kain dan tingkat kebandelan noda.
  3. Jangan terlalu berlebih dalam menggunakan deterjen (hemat bu ^_^).
  4. Jangan pernah langsung mengucek cucian kotor. Karena menurut pengalaman saya, ketika langsung mencuci tanpa direndam tangan terasa panas dan dapat mengakibatkan iritasi.. 
  5. Setelah selesai mencuci, jangan lupa bilas pakaian dan tangan hingga bersih, jangan biarkan tangan masih berlumuran bekas air cucian. Hal ini juga mempengaruhi pH kulit yang bisa bikin iritasi.
  6. Hal yang paling sepele adalah ikuti saran penggunaan deterjen pada kemasan. Biasanya Produk akan memberikan saran agar aman dalam penggunakannya.
Sekian tips dari saya, semoga bisa bermanfaat dan semoga membantu. ^_^
Anda mungkin akan menemukan tulisan yang hampir saya di blog saya yang lain.

Tidak ada komentar: