Halaman

Selasa, 22 Februari 2011

Perawatan Fisik Kompor Gas

Yang namanya ibu rumah tangga, pada umumnya ga pernah lepas dari yang namanya dapur bagi yang masak sendiri. Tiap hari masak, tiap hari pula berkecimpung dengan kompor. Paling males kalo lagi masak banyak dan berminyak terus pada kecer kemana-mana tuh minyak. Jadi males ngebersihinnya. :"(
Tapi aganwati sekalian harus ingat, kita ga boleh malas ngebersihinnya, karena kalo tempat masaknya kotor ntar masakannya bisa jadi ikut kotor. Bisa jadi mempengaruhi semangat kita untuk cooking-men cooking :P
Berhubung saya dirumah makenya bukan kompor tungku kayu ato kompor minyak, dan saya pake kompor gas, sekedar pengingat mungkin juga sebagai bantuan bagi para aganwati yang lagi baca berikut tips umum dan simple dari saya.
Untuk kompor gas yang kapnya stainless:
  1. Bersihkan bekas-bekas kuah sayur ato cipratan minyak goreng dengan kain lap kering, kemudian lap lagi dengan pembersih kompor (kalo ga punya pake aja air sabun, tapi jangan ampe berbusa ya..^_^) lap lagi dengan lap kering yang bersih. InsyaAlloh noda minyak akan hilang.
  2. Bersihkan tungku pengapian dan lubang keluarnya gas. Jangan sampai ada kotoran yang menutupinya. Kotoran yang tidak dibersihkan akan mengganggu pengapian dan menyebabkan pengapian tidak sempurna, alhasil jadi boros gas. 
  3. Jangan sembarang membersihkannya, gunakan jarum/tusuk gigi atau menggunakan sikat gigi yang sikatnya lembut(pakai yang sudah tidak dipakai gosok gigi ya..ntar yang ada gigi kita item mua ^_^)
  4. Perhatikan selalu posisi tabung gas. Pengalaman saya selama ini ga tau ney valid pa ga, penempatan tabung gas ternyata sangat mempengaruhi terjadinya kebocoran gas. Dulu dirumah ibu sering pake tabung yang gede dan berhubung kompornya dibikinin tempat permanen setinggi kurang lebih ±70cm jadi ga ada masalah karena selang regulatornya hampir sejajar n ga terlalu nukik ke bawah, tapi setelah ada konversi gas tabung kecil yang warna ijo dan karena tabungnya ga di kasih tatakan kursi ato kayu gitu langsung dari lantai, alhasil gasnya sering banget bocor n sering gonta ganti karet gas. Jadi lebih baik tentukan posisi selangnya agar gas dapat mengalir tanpa hambatan sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran gas. Selain posisi selang/regulator gas, periksa juga karet pada mulut tabung gasdalam keadaan bagus ato tidak. Karet yang terlalu lendtur ato terlalu keras juga dapat mempengaruhi kemungkinan terjadinya kebocoran gas.
  5. Kalo dirasa ada kebocoran gas dan ga bisa nyopot regulator gasnya, inget! langsung matiin kompor dan tutup regulator dengan kain lap yang basah. Hal ini diharapkan dapat mengurangi kebocoran yang terlalu parah. Lebih aman lagi ganti copot regulator dari tabung gas. Dan biarkan sampai ruangan bersih dari gas, agar terhindar dari ledakan dan kebakaran.
InsyaAlloh..kalo sudah dijaga dan dirawat diharapkan tidak terjadi hal-hal yang merugikan dan tidak diinginkan.

Tidak ada komentar: